Tuesday 29 November 2011

Antena Dipole Gamma Match


14 comments:

  1. kog cuman skema doang, mana keterangannya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya keterangan yang mana ya. Tapi nilai yang perlu diperhatikan adalah panjang antena total adalah 1/2 Lambda, dan biasanya untuk alumanium velocitynya saya pake 0.98.

      Delete
  2. apaka antena dipole 1/2 lambda bisa didibandingkan dengan antena dipole gamma matching dengan dua2 menggunakan frekunsi 144 MHz ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin yang dimaksud 1/2 Lambda open dipole dibandingkan dengan gamma match..?? Panjang fisiknya, polarisasi dan gain-pada dasarnya sama.

      Delete
  3. kak kalw beli antena dipole gamma match langsung jadi g ada t ??

    ReplyDelete
  4. kak saya kan mau mantchingngin antena dipole tapi untuk pembandingnya itu pakai antena apa ya kak selain antena gamma match ????

    ReplyDelete
  5. Untuk nge match antena harus menggunakan alat yang disebut SWR meter, atau antena analyzer . Tidak dibanding2kan dengan antena lain. Antena di stel sampai mendekati SWR 1 : 1

    ReplyDelete
  6. pak
    mohon penjelasan mengenai perhitungan 14,5 inner coax, jarak 6,5 cm dan panjang 26 cm. untuk panjang 137 cm saya pahami dari setengah lambda dan 31 cm shorting bar hasil setting menggunakan SWR. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 137 cm berasal dari perhitungan 150/frekuensi x vaktor pemendekan (0.985). nilai-nilai yang lainnya, berdasarkan hasil percobaan dan tidak mengikat. Anda bisa bereksperimen sendiri, dan hasilnya akan lebih memuaska anda. Trims.

      Delete
  7. Bang bisa g diameter pipa aluminiumny disammakan smua? Saya lihat skema diatas menggunakan aluminium 7/8 dan 1/2

    ReplyDelete
  8. pada dasarnya bisa saja... tapi konfigurasi gamma matchnya akan berbeda. Saya sendiri berpatokan pada konfigurasi yang sudah baku.... setidaknya mendekati.

    ReplyDelete