Thursday 18 October 2012

Pengukur Impendansi 50 ohm

         Saat sekarang,pemancar FM bukan lagi makhluk yang menakutkan lagi bagi para pencinta elektronika. Begitu banyak modul-modul yang dijual, mulai dari yang murah meriah, sampai dengan yang berkelas. Bahkan pedagangnya-pun semakin banyak. Sehingga kita tidak perlu susah-susah menggambar, membuat PCB, nyari komponen yang ternyata tidak ada dijual. Sampai harus ngebongkar barang rongsokan.(pengalaman jaman dulu). Sekarang.... tinggal beli modul, sambung sana sini, jadi. Kitapun bisa minta di-set sama yang jual. 
    Tapi ada baiknya kita juga mengetahui sedikit banyaknya, bagaimana sebuah pemancar tersebut beroperasi. Demikian tujuan utama blog ini. 
      Baru saja penulis bereksperimen dengan sebuah alat(yang kalau beli jadi harganya cukup mahal) yaitu Antenna Analyzer. Ide rangkaian ini penulis ambil dari http://www.qsl.net/n9zia/wireless/appendixF.html. Berhubung ada komponen yang sulit untuk didapat maka penulis merubah beberapa bagian. Setelah beberapa hari, penulis berhasil membuat alat tersebut.
     Untuk osilator, penulis menggunakan Modulator FM untuk mobil (harganya terjangkau, digital lagi). Untuk bagian penguat digunakan 2 transistor yang umum dipasaran. Dan untuk VU-meternya digunakan Vu-nya multimeter (kebetulan rangkaiannya sudah tutung). VU meter yang digunakan adalah yang memiliki tahanan dalam besar (sampai 2k), agar dapat bekerja pada tegangan rendah.
     Setelah rengkaian terpasang,tinggal seting. Pertama sekali Load harus dilepas. Kemudian frekuensi di seting di 98.2MHz (frekuensi tengah band FM).. Setelah itu tuning para trimmer sampai VU mentok habis (sebesar mungkin). Sekarang, pasang dummy load 50 ohm,bisa pakai resistor 100ohm diparalel. Kalau rangkaiannya benar,maka VU meter akan turun ke 0. Selamat!!!
     Dengan alat ini, kita bisa "ngecun" antena atau Power Devider dengan impendansi 50 Ohm. ANDA HARUS BISA, KARENA PENULIS SUDAH BISA. Selamat berjuang.

2 comments:

  1. Sekedar tanya Bang Evan,..
    Kalau alat ini untuk menguji rangkaian LPF impedansi 50 ohm yang sudah kita buat gimana??
    apakah kaya seperti menguji antena??
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. kalau buat LPF belum pernah dites. Baru dipakai ke antena. Nanti kalau ada kesempatan bakal dicoba.

      Delete